Rabu, 10 Maret 2010

Havermut

Kemarin ada yang bertanya Havermut itu apa mba? Yuk kita buka kamusnya dulu, belajar bersama-sama.

Apa itu Havermut? Di Indonesia, Havermut  lebih sering dikenal dengan Oatmeal.
Havermut adalah sejenis cereal dari gandum.
Havermut ini sering untuk sarapan orang bule...kalau aku masih nyari nasi sih...

Menurut Nurse’s Health Study di Harvard University, havermut yang diberi kayu manis dapat menurunkan risiko serangan jantung. Khasiat havermut menguatkan sistem imun berasal dari beta glucan, sejenis polisakarida di dalam havermut yang ditemukan periset Italia.

Para peneliti menemukan bahwa senyawa ini dapat meningkatkan aksi macrophages, sel-sel darah putih yang membunuh bakteri dan virus yang antara lain menyebabkan radang tenggorokan, flu dan pilek. Kekuatan beta glucan yang ampuh juga dapat membunuh sel-sel kanker. Demikian menurut laporan para peneliti dalam jurnal Cancer Immunology Immunotherapy.

Havermut/Oatmeal tersedia dalam kemasan karton dan kaleng, ada merk dagang Q**ker. Tapi banyak juga merk dagang lainnya.

Havermut ada yang instan ada juga yang harus dimasak terlebih dahulu. Untuk Havermut/Oatmeal yang instan, cara menyajikannya tinggal diberi air panas saja, aduk-aduk dan siap disajikan.
Untuk Oatmel yang perlu dimasak, masak Oatmeal diatas kompor dengan ditambah air sambil diaduk-aduk hingga mengental dan matang.

Ketika batita mulai dikenalkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) bolehkah diberi makanan dari havermut ini? Ada banyak pro dan kontra mengenai hal ini. Kalau Anda ragu-ragu, tanyakan pada dokter anak Anda sebelum memberikannya pada si kecil, usia berapa batita bisa mengkonsumsi makanan dari havermut ini.
Havermut bisa juga dibuat kue kering sebagai cemilan anak-anak.

Untuk Anda yang gemar menyantap Havermut/Oatmeal ini, Anda bisa menambahkan buah-buahan, seperti anggur, irisan pisang, irisan strawberry dan lain-lain.

Diambil dari berbagai sumber.
Mudah-mudahan bermanfaat!