Rabu, 09 Juni 2010

Tips Mengolah Tahu

Banyak hidangan bisa kita ciptakan dari tahu. Dari sup yang sederhana sampai dengan penganan yang bisa kita santap sambil minum teh di sore hari.

Yang penting pula, gizi tahu luar biasa tingginya. Boleh dibilang tahu adalah makanan yang tinggi gizi, tetapi relatif ekonomis.

Banyak jenis tahu yang ditawarkan saat ini. Tahu kuning saja, jenisnya beberapa. Yang tipis, yang dikenal dengan sebutan takua, atau tahu kuning kotak biasa. Yang kuning umumnya sudah diberi rasa asin hingga Anda tak perlu menambahkan garam. Tahu putih pun ada dua macam. Tahu biasa dan tahu sutra.

Sebelum mengolahnya, ada baiknya tahu direbus lebih dahulu supaya tidak asam. Apalagi kalau Anda berniat menyimpannya untuk beberapa hari. Saat direbus, fermentasi tahu akan terhenti. Hati-hati saat merebus tahu sutra karena mudah sekali hancur.

Bukan cuma saat merebus harus berhati-hati, saat menggoreng tahu sutra pun dibutuhkan keterampilan khusus. Gunakan wajan anti lengket agar tidak melekat di dasar penggorengan. Gorenglah tahu hanya sampai berkulit, agar tahu sutra tidak malah menjadi lebih kecil ukurannya.

Untuk tahu-tahu yang akan dijadikan masakan, sebaiknya tidak digoreng lama-lama. Tahu yang terlalu garing, kelak akan keras kalau sudah dingin.
Nah, selamat mengolah tahu.