Senin, 15 Februari 2010

Membuat Garnish Cokelat

Ada bermacam-macam cara untuk menghias cake. Misalnya, dengan memberi hiasan butter cream (biasanya untuk permukaan kue dan tulisan), permen warna-warni atau aneka bentuk cokelat hias. Dengan tujuan agar hasil akhir kuenya jadi cantik dan meningkatkan daya jual tentu saja.

Berikut ini beberapa cara membuat garnish cokelat, yaitu:

1. Daun cokelat
Untuk membuat hiasan cokelat yang mirip dengan aslinya, caranya: petik daun bunga sepatu atau daun bunga mawar, cuci bersih, lalu keringkan. Lelehkan dark cooking chocolate (DCC) sesuai yang Anda inginkan, lalu oleskan cokelat pada punggung daun dengan kuas, lakukan sebanyak 3 kali. Setelah kering, lepaskan cokelat dari pangkal daun.

2. Gelang cokelat
Bungkus gilingan kayu dengan kertas roti, lelehkan cokelat secara terpisah dengan warna-warna cokelat yang diinginkan. Setelah cokelat meleleh, masukkan ke dalam kantung segitiga, gunting sedikit ujungnya, spuitkan cokelat di atas gilingan, beri jarak. Diamkan beberapa saat hingga kering. Lepaskan cokelat dari kertas secara perlahan. Cokelat gelang siap untuk menghiasi cake.

3. Kancing cokelat
Lelehkan dark cooking chocolate, tuang ke dalam kantung segitiga, gunting sedikit ujungnya. Buat bentuk bulat dari cokelat ini di atas kertas roti, lalu buat lagi dari cokelat putih ukuran lebih kecil di atas bulatan cokelat sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai kering, lepaskan cokelat dari kertas. Cokelat siap dipakai untuk hiasan kue.

Sumber tabloid Nova
Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Bentuk-bentuk Garnish.
Membuat Garnish bentuk bunga mawar.