Minggu, 07 November 2010

Bumbu Spekuk (bumbu kue Lapis Legit)

gambar bumbu Spekuk

Bumbu spekuk merupakan campuran dari beberapa jenis rempah, yaitu kayu manis bubuk, cengkih bubuk, bunga pala bubuk, dan kapulaga bubuk. Campuran keempat jenis rempah ini menghasilkan aroma harum yang sangat khas. Saat ini, dapat dengan mudah mendapatkan bumbu spekuk di supermarket atau toko yang menjual bahan-bahan pembuat kue.

Namun, jika sempat, lebih baik membuat bumbu spekuk sendiri. Cara membuatnya tidak sulit. Keempat jenis rempah itu dijadikan bubuk lalu dicampurkan dalam porsi yang sama. Jadilah bumbu spekuk. Kita memang mengenal bumbu spekuk sebagai bumbu lapis legit. Namun karena aromanya yang wangi, bumbu spekuk kerap juga ditambahkan pada cake, brownies, kue kering, bahkan puding.

Walau aromanya sangat wangi, sebaiknya tak menggunakan bumbu ini secara berlebihan. Gunakan saja sesuai dengan takaran. Dan agar aroma kue menjadi segar dan wangi, sebaiknya gunakan bumbu spekuk yang baru dibuat. Jadi, bumbu ini diracik sesaat sebelum membuat kue. Membuat bumbu spekuk sendiri memang lebih baik, karena pada bumbu spekuk instan bisa jadi sudah mengandung bahan lain.

Namun bila terpaksa harus membeli bumbu spekuk instan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli, diantaranya adalah:
1. Perhatikan  kondisi kemasan serta labelnya.
Pastikan kemasannya masih bagus, dan labelnya terbaca dengan jelas.
2. Belilah hanya bumbu spekuk yang telah terdaftar.
3. Jangan membeli bumbu spekuk yang sudah kedaluarsa.
4. Pastikan juga bumbu spekuk yang Anda beli itu berada dalam kondisi tertutup.
Aroma pada racikan rempah-rempah bisa hilang bila disimpan dalam wadah yang terbuka.

Sumber Republika
Gambar bumbu spekuk di atas hanya sebagai contoh.

Anda mau meracik bumbu spekuk sendiri? Setelah nanya-nanya pada google, kemarin menemukan  resep bumbu spekuk (untuk meracik sendiri) sebagai berikut:

Giling halus dan ayak:
  • 10 butir cengkeh
  • 10 butir kapulaga
  • 2 sdt kembang pala
  • 1 sdt kayu manis
  • 1 sdt vanili
Tapi maaf ya, admin dapur punyaku belum pernah meracik bumbu spekuk sendiri, karena bahan bakunya sulit di dapatkan disini. Jadi saya lebih sering beli bumbu spekuk yang siap pakai.
Resep kue lapis legit klik disini.

Semoga bermanfaat!