Minggu, 03 Oktober 2010

Cara Membuat Ekstrak Vanilli

Berhubung penasaran dengan ekstrak vanilli yang harganya mahal, akhirnya nanya sama om google. Dan menemukan cara pembuatan ekstrak vanilli.

Gambar vanilli yang masih di pohon, warnanya hijau, bentuknya seperti buncis.
Gambar diambil dari http://www.spiceskerala.com



Gambar vanilla bean dari http://organicindonesianvanilla.blogspot.com
 
Bagaimana cara membuat ekstrak vanilli?
Cara membuat ekstrak vanilli bisa Anda baca disini  http://www.kitchenproject.com/vanilla/4FoldVanillaExtract.htm
Disana dijelaskan secara lengkap langkah-langkah pembuatan ekstrak vanilli beserta gambarnya.
Disebutkan bahwa bahan untuk membuat ekstrak vanilli adalah Vodca dan Vanilla beans. Vodca bisa diganti dengan Brandy atau Rum.

Menurut wikipedia arti vodca, brandy dan rum adalah sebagai berikut:

Vodka adalah sejenis minuman beralkohol, berkadar tinggi, bening dan tidak berwarna, yang biasanya disuling dari gandum yang difermentasi. Kecuali untuk sejumlah kecil perasa, vodka mengandung air dan alkohol (etanol). Vodka biasanya memiliki kandungan alkohol sebesar 35 sampai 60% dari isinya. Vodka Rusia klasik mengandung 40% (80° kandungan murni), angka tersebut dirumuskan oleh ahli kimia terkenal Rusia, Dmitri Mendeleev. Menurut Museum Vodka  di St. Petersburg, Rusia, Mendeleev berpendapat bahwa kandungan yang sempurna yaitu 38%, tetapi karena minuman beralkohol pada waktu itu dikenakan pajak berdasarkan kandungan alkoholnya, persentasenya dinaikkan menjadi 40 untuk mempermudah penghitungan pajak. (sumber: wikipedia)

Brendi (bahasa Inggris: brandy, berasal dari bahasa Belanda, brandewijn) adalah istilah umum untuk minuman anggur hasil distilasi, dan biasanya memiliki kadar etil alkohol  sekitar 40-60%. Bahan baku brendi bukan hanya anggur, melainkan juga pomace  (ampas buah anggur sisa pembuatan minuman anggur) atau fermentasi sari buah. Bila bahan baku tidak ditulis pada label, brendi tersebut dibuat dari buah anggur asli. (sumber: wikipedia)

Kita juga sering mendengar atau membaca dalam resep masakan yang menggunakan Rum sebagai salah satu bahan masakan. Apa Rum itu?
Rum (rhum) adalah minuman beralkohol hasil fermentasi  dan distilasi  dari molase (tetes tebu) atau air tebu  yang merupakan produk samping industri gula. Rum hasil distilasi berupa cairan berwarna bening, dan biasanya disimpan untuk mengalami pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu ek atau kayu jenis lainnya.
Rum terdiri dari berbagai jenis dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Rum putih umum digunakan sebagai pencampur koktail. Rum berwarna cokelat keemasan dan gelap dipakai untuk memasak, membuat kue, dan juga pencampur koktail. Hanya rum berkualitas tinggi saja yang biasa diminum polos tanpa pencampur atau ditambah es batu. (sumber: wikipedia)

Di
http://www.kitchenproject.com/ disebutkan dengan menggunakan biji vanilli kelas premium, diperlukan waktu minimal 8 minggu untuk menghasilkan ekstrak vanilli kualitas bagus.
Kemungkinan jika bahan yang digunakan kurang bagus, akan diperlukan waktu lebih lama lagi untuk menghasilkan ekstrak vanilli ini. Dan tentu akan berpengaruh pada kualitasnya.

Jadi mengapa ekstrak vanilli ini harganya mahal? Tentu karena bahan yang diperlukan harganya mahal. Juga waktu pembuatannya lama. Lalu, bagaimana hukumnya bagi umat muslim bila menggunakan ekstrak vanilli ini mengingat bahan yang digunakan adalah alkohol? Juga bagaimana dengan penggunaan Rum pada masakan atau kue-kue?



Teman-teman blogger ada yang tahu, bahan pengganti alkohol untuk membuat esktrak vanilli ini? Ditunggu sharingnya di kolom komentar ya.
Tentu akan lebih baik bila kita menggunakan vanilla bean langsung ya....


EDIT artikel pukul 14.35 waktu Qatar
Untuk semua teman yang sudah memberikan komentar juga masukan saya ucapkan terima kasih banyak.
Rasa vanilla pada makanan didapat dari pemberian vanilli, tetapi tidak semua makanan/minuman menggunakan yang berbentuk ekstrak vanilli. Karena vanilli sendiri ada beberapa jenis, silakan baca disini.
Jadi yang perlu diperhatikan adalah  vanilli jenis mana yang dipakai.

Semoga bermanfaat!