Kamis, 30 September 2010

VANILLI

Vanilli merupakan bumbu yang hampir selalu disertakan dalam proses pembuatan kue atau dessert manis.Ada 2 macam Vanili yang beredar dipasaran,yaitu:
1. ALAMI (buah kering vanili mirip seperti buncis yang kering dan ekstraknya).
2. SINTETIS (vanili bubuk dan esens vanili).

a. BATANG VANILI (VANILLA BEAN)


Aroma dan cita rasanya tajam. Jarang ditemukan dipasaran, harganya relatif mahal. Merupakan fermentasi batang vanili kering dalam kondisi tidak terekspos cahaya. Penyimpanan dalam wadah tertutup di suhu ruang.











b. EKSTRAK VANILI
Bentuknya cair. Aroma dan cita rasanya paling tajam karena merupakan ekstraksi dari batang vanili hingga terbentuk cairan vanili yang pekat. Harganya paling mahal karena proses pembuatannya bisa sampai 8 bulan.

c. ESSENS VANILI

Bentuknya cair. Harganya lebih murah karena hanya memberikan aroma khas vanili tapi tidak memberikan rasa. Jika terlalu banyak akan pahit rasanya.












d. VANILI BUBUK



Banyak dijumpai di pasaran. Fungsinya sama dengan essens, yaitu hanya memberikan aroma, tidak rasa. Harganya relatif murah.
Di toko bahan kue atau supermarket tersedia produk ini dalam berbagai macam merk dagang.








Nah itulah beberapa jenis/bentuk vanilli yang beredar di pasaran. Gambar vanilli di atas hanya sebagai contoh. Di toko bahan kue tersedia banyak sekali merk dagang untuk vanilli ini.
Vanilli bentuk mana yang sering Anda gunakan?