Minggu, 08 November 2009

Lontong Sayur

Bagi Anda yang tinggal di LN, tidak usah pusing lagi bila ingin membuat lontong sayur. Kalau di Indonesia biasanya membuat lontong pakai daun pisang atau malah membuat ketupat pakai 'janur' (daun kelapa yang masih muda/putih), nah karena tinggal di LN pakai saja yang praktis. Aku biasanya menggunakan kantong plastik. Tapi tidak ada bau harum khas wangi daun, tidak apa-apalah...daripada ngeces...masak harus nunggu pulang kampung buat lontongnya? (menghibur diri sendiri).

Kadang ada juga daun pisang, tapi cuma kecil-kecil, sulit kalau untuk membuat lontong. Dan satu lagi, mahal harganya. Kalau disini, jarang sekali ada 'janur', kalau mau ya harus pesan dulu sama yang punya toko, baru dipesankan (maksudnya impor dulu dari negara tetangga). Harganya ya lumayan....


Bahan membuat lontong:
beras
sedikit garam
kantong plastik
karet gelang buat mengikat

Cara membuat lontong:
1. Beras dicuci sampai bersih, tiriskan, beri sedikit garam, aduk rata.
2. Masukkan beras ke kantong plastik, sebanyak setengah lebih sedikit dari besar kantong plastik.
3. Tutup kantong, bakar ujung plastik dengan api kecil terus direkatkan. Syukur 'dilas' pakai mesin (kalau punya alatnya...hehe...kalau tidak punya ya pakai yang tradisional seperti tadi, pakai api kecil). Bisa juga dengan diikat yang kuat memakai karet gelang agar tidak lepas ketika dimasak. Beri lubang beberapa bagian pada plastik dengan bantuan tusuk gigi.
4. Masukkan kedalam panci besar berisi air, masak sampai menjadi lontong. Kalau air habis tetapi belum matang ya ditambah lagi air yang sudah mendidih. Harus sabar, karena membuatnya lama.
5. Kalau sudah matang, angkat, dinginkan, baru dipotong-potong dan siap disajikan.

Saatnya sekarang membuat sayur. Silakan sesuai selera saja, mau sayur apa. Ini memakai bahan yang tersedia di rumah saja. Inilah resep sambal goreng labu siam selengkapnya.

Bahan:
labu siam, kupas, iris kecil
daging tetelan
kacang panjang, potong-potong
santan

Bumbu:
bawang merah
bawang putih
cabe merah
kemiri
lengkuas
daun salam
serai
garam
sedikit gula merah
sedikit terasi (option)
micin (option)
minyak untuk menumis

Pelengkap:
bawang goreng untuk taburan
kerupuk

Cara membuat:
1. Rebus daging tetelan hingga empuk.
2. Labu siam, beri sedikit garam, diremas-remas, cuci sampai bersih.
3. Haluskan bumbu, tumis sampai harum, masukkan bumbu lainnya, aduk-aduk.Masukkan tetelan, labu siam dan kacang panjang, aduk rata.
4. Lalu masukkan santan, masak sambil diaduk-aduk, beri sedikit gula merah dan garam.
5. Masak sampai matang, siap disajikan.
Taruh lontong yang sudah di potong-potong ke dalam mangkuk, beri sayur dan taburan bawang goreng. Cara membuat bawang goreng yang enak disini.

Kerupuknya lupa tidak kephoto...hehe...
Selamat menikmati!